Selasa, 03 Februari 2015

Women of The Years

Women of The Years

Akhir Januari ini dunia menggelar event kecantikan yangsudah digelar setiap tahun. Event yang digunakan untuk memilih seorang wanita yang memiliki kecantikan, kecerdasan dan kepedulian sosial yang tinggi, ya itulah ajang Miss Universe. Setiap Negara di seluruh dunia mengirimkan “wanita pilihan”-nya untuk membawa nama bangsanya di kancah internasional.
Event Miss Universe 2014 (namun digelar tahun 2015) kali ini digelar di tempat yang sangat eksotis di Amerika. Yap kini giliran Doral, Miami yang menjadi tuan rumah ajang kecantikan dunia ini, tepatnya di Trump National Doral, Miami. Jika kaum laki-laki dapat membanggakan negaranya melalui ajang Piala Dunia yang digelar 4 tahun sekali, kaum wanita juga mampu mengharumkan negaranya lewat ajang ini. Miss Universe adalah ajang untuk memperkenalkan bangsa-bangsa di dunia lewat kecantikan dari delegasi negaranya.
Pada awal acara, setiap peserta memasuki “arena pertandingan” dengan berlenggak lenggok memamerkan kostum nasionalnya. Indonesia sebagai salah satu Negara yang mengikuti ajang tersebut mengirimkan Putri terbaiknya Elvira Devinamira (21 tahun) asal Surabaya. Satu persatu peserta memamerkan kostumya. Ajang kecantikan memang identik dengan pakaian yang seksi dan memamerkan bentuk tubuh, namun pada segmen kostum nasional ini tidak semua Negara memamerkan pakaian yang seksi seperti halnya Bulgaria, China, Korea, Jepang, Italia, Republik Dominika, Libanon, Norwegia, Portugal, Spanyol dan Swedia. Negara-negara tersebut memamerkan kostum nasionalnya yang tertutup namun tetap membuat pemakaianya terlihat anggun diatas panggung.
Disamping kostum yang tertutup, ada juga beberapa kostum yang menarik seperti kostum yang memiliki gelembung besar seperti kostum dari Negara Costarica, Ethiophia, dan Poerturico. Beberapa Negara juga memiliki kostum lucu seperti Negara Nikaragua, Venezuela yang menyerupai bentuk pohon emas, Amerika Serikat dan Ghana. Dari banyaknya kostum-kostum nasional yang diperagakan dipilih 5 besar kostum terbaik oleh para juri yaitu India, Indonesia, Argentina, Kanada dan Jerman. Penilaian selanjutnya dilakukan voting melalui media social twitter.
Indonesia sebagai Negara dengan jumlah pengguna twitter terbanyak menjadi potensi besar untuk memenangkan kostum nasional terbaik apabila voting dilakukan melalui twitter, dan hal tersebut benar terjadi. Kostum nasional Indonesia yang dikenakan oleh miss Indonesia 2014, Elvira Devinamira berhasil menjadi juara kostum terbaik. Kostum yang didesain oleh seorang desainer Jember ini bertemakan The Chronicle of Borobudur memiliki berat 20 kg dan dibuat oleh 10 orang pekerja. Desainer Dynand Fariz juga merupakan desainer kelas atas yang mendesain berbagai kostum untuk ajang-ajang nasional dan internasional. Diajang nasional Dynand Fariz sering menjadi desainer di acara Jember Fashion Carnival





Elvira Devinamira berhasil masuk Top 15 dari 88 wanita yang beruntung di dunia, jelas hal ini sungguh membanggakan bagi Indonesia karena ia berhasil sejajar dengan wanita-wanita lain di dunia. Setelah terpilih Top 15, peserta kembali diseleksi menjadi Top 10. Namun, Indonesia belum mendapat kesempatan untuk memasuki 10 besar. Dari 10 besar terpilihlah 5 kandidat Miss Universe terbaik yaitu perwakilan dari Jamaika, Columbia, Amerika Serikat, Belanda dan Ukraina. Hasil akhir dari berbagai seleksi yang telah dilalui oleh para peserta termasuk seleksi dalam menjawab pertanyaan yang diajukan pemirsa melalui media social Facebook telah menentukan wanita terpilih yang menjadi Miss Universe. Miss Jamaika menjadi juara 5, Miss Netherland (Belanda) menjadi juara 4, juara 3 dan 2 berturut-turut dari Ukraina dan Amerika Serikat dan Miss Colmbia berhasil menyabet gelar Miss Universe 2014 yaitu Paulina Vega.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan sarannya ditunggu untuk lebih memperbaiki postingan-postingan saya berikutnya :)