Selasa, 03 Februari 2015

Resume Perkuliahan Mata Kuliah Lembaga Keuangan Islam

Resume Perkuliahan Mata Kuliah Lembaga Keuangan Islam
Bumi Siliwangi, 02 Februari 2015 Ruang G.04
Disampaikan oleh Dr. Ika Putera Waspada M.M

Dewasa ini, banyak muncul berbagai macam lembaga keuangan  baik yang bersifat konvensional maupun yang berlandaskan prinsip ajaran islam atau yang mudah dikenal dengan titel syariah. Namun pada dasarnya semua lembaga keuangan memiliki prinsip yang sama yaitu prudent, sistem dan manajemen. Semua lembaga keuangan memiliki trend yang sama dimana mereka mencari trust dari para nasabah dan membangun sebuah kekuasaan keuangan.
Saat ini di Indonesia lembaga keuangan perbankan belum mampu bersinergi dengan para UMKM yang mengakibatkan sulitnya koordinasi UMKM dengan lembaga keuangan Bank. Bank seharusnya melakukan “pendekatan” terhadap para pelaku UMKM sebagai penyongsong perekonomian nasional. Sosialisasi mengenai peran dan fungsi perbankan perlu dilakukan untuk “membuka mata” para pelaku UMKM. Cara kerja para rentenir yang memiliki kedekatan dengan para ‘nasabah’-nya merupakan salah satu cara kerja yang harus ditiru oleh perbankan.
Dalam melakukan pendekatan kepada nasabah harus menggunakan berbagai teori sosiologi dan antropologi khususnya antropologi masyarakat pedesaan yang notabene belum ‘akrab’ dengan dunia perbankan. Penawaran terhadap kesanggupan membayar kredit mutlak harus dilakukan agar kedua belah pihak (bank dan nasabah) memiliki kesepakatan bersama yang tidak merugikan satu sama lain seperti yang dilakukan dalam prinsip islam dalam kegiatan bagi hasil yang terlebih dahulu melakukan kesepakatan pembagian hasil usaha. Bank-bank tertentu sudah banyak yang membuka cabang di daerah pedesaan namun karena masih ada anggapan bahwa bank merupakan lembaga keuangan bagi seseorang yang memiliki harta yang banyak maka para petani maupun pelaku UMKM yang ada di pedesaan enggan untuk memasuki bank. Oleh karena itu, ‘Rahasia Sukses Para Rentenir’ kembali bisa kita gunakan untuk menarik para nasabah yaitu dengan ‘blusukan’ meghampiri para calon maupun para nasabah baik itu untuk melakukan penjemputan penyicilan kredit maupun untuk keperluan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan sarannya ditunggu untuk lebih memperbaiki postingan-postingan saya berikutnya :)