Kamis, 13 Agustus 2015

Eksternalisasi di Lingkungan Sekitar

Rumah saya beralamat di Kp. Gandasoli RT.01/07 Desa Gandasari Kec. Katapang, Kab. Bandung. Di daerah tempat tinggal saya terdapat dua pabrik yang menjalankan usaha dibidang produksi berbagai jenis karung dan tali rafia. Salah satu nama pabriknya adalah PT. Sinar Mulia Plasindo Lestari. Masyarakat di sekitar tempat tinggal banyak yang bermata pencaharian sebagai karyawan di pabrik tersebut.

PT. Sinar Mulia Plasindo Lestari yang berada di dekat tempat tinggal saya beralamat lengkap di JL Gandasari, No. 22, Warung Lobak, Katapang Soreang, Bandung merupakan cabang dari perusahaan yang berada di daerah Cicukang. Pembuatan pabrik ini memiliki dampak terhadap kegiatan sehari-hari penduduk di sekitar. Setelah tahun 2000-an mata pencaharian penduduk mayoritas menjadi seorang karyawan pabrik tersebut. Berikut merupakan analisis eksternalisasi yang ditimbulkan dari dibangunnya pabrik tersebut.
Karung yang di Produksi
Produk Karung Sayuran
Eksternalisasi positif dari pendirian pabrik di daerah sekitar tempat tinggal saya adalah sebagai berikut :
a.       Menyediakan lapangan pekerjaan, sehingga mampu mengurangi jumlah pengangguaran, hingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan secara otomatis meningkatkan daya beli dan kesejahteraan masyarakat.
b.      Menghidupkan sentra usaha di daerah sekitar
Adapun eksternalisasi negatif dari pendirian pabrik di daerah sekitar tempat tinggal saya adalah sebagai berikut :
a.       Terjadinya pencemaran lingkungan akibat limbah yang dihasilkan dari minyak pelumas yang digunakan untuk menjalankan mesin
b.      Beberapa karyawan mengalami kerusakan kulit karena bahan kimia yang digunakan untuk pembuatan karung menimbulkan alergi
c.       Terjadinya polusi suara yang ditimbulkan dari suara bising mesin pembuat karung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan sarannya ditunggu untuk lebih memperbaiki postingan-postingan saya berikutnya :)